Tag

, , , , , , ,


Sekarang lagi musim yang namanya jualan online, baik lewat Kaskus, multiply atau punya website sendiri dengan email sendiri. Bagi yang memilih untuk mempunyai website sendiri biasanya ada kendala pada biaya hosting dan domainnya. Sebenarnya ada alternatif murah tapi mendapatkan fitur premium seperti :

– Space Hosting 1 GB
– Bandwith Unlimited
Email 10 GB
Sharing file dengan Google Drive
Fitur online Chat menggunakan Google Talk (dengan
Calendar
Akses email via mobile (Android, BlackBerry, dsb)

Kalau menggunakan hosting berbayar dengan semua fitur diatas, pasti biaya akan tinggi.  Saya akan sharing pengalaman saya membangun website dengan biaya hemat. Kebetulan saya mengelola beberapa website dan ada beberapa website tersebut merupakan website jualan saya😀

Pengalaman saya berjualan online, biasanya pembeli lebih percaya bila ada gambar-gambar detail dari barang yang kita jual sedangkan kalau kita berjualan di Kaskus, multiply, tokobagus, dsb ada beberapa keterbatasan. Contohnya di Kaskus, ada keterbatasan karakter ketika membuka lapak. Kalau barangnya ada 100 jenis dan kita ingin semua tampil di thread Kaskus, akan sulit. Terkadang calon pembeli lebih “percaya” bila melihat website penjual yang memiliki banyak gambar barangnya.

Alternatif yang akan saya bahas disini hanya akan mengeluarkan biaya untuk registrasi domain saja, untuk semua fitur email, hosting, online chat, dsb gratis.

Domain (cost : Rp 79.000 / Tahun)
Pendaftaran domain bisa dilakukan dibanyak registrar baik di dalam negeri atau luar negeri, saya menyarankan menggunakan registrar dalam negeri agar supportnya cepat. Registrar tersebut antara lain :

– Master Web Network (www.masterweb.com)
– Griya Hosting
– Dsb

Saya menggunakan jasa Master Web untuk domain yang saya pakai. Harga domain bermacam-macam dan bervariasi tergantung registrar (perusahaan pendaftar domain). Rata-rata antara Rp 50.000 sampai Rp 200.000 per tahunnya. Bila ingin yang gratis bisa menggunakan domain gratis seperti DotTK (.tk) dengan fitur admin seadanya, namanya juga gratis😀

Kalau ingin lebih keliatan professional dan gratis, bisa menggunakan domain .id (domain Indonesia) walaupun dengan persyaratan yang lumayan untuk mendapatkan domain .id.

Bila hanya ingin mendaftarkan domain saja, kita harus tahu Name Server dari hosting / server kita. Jadi ketika pendaftaran, kita memasukkan alamat Name Server atau IP Address server hosting yang kita pakai. Masing-masing hosting provider mempunyai cara berbeda untuk mengubah Name Server domain kita. Jadi, konsultasikan dengan hosting provider J

Hosting (cost : Rp 0)
Saya menggunakan hosting gratis dari www.idhostinger.com, dengan fasilitas kapasitas 1GB dan bandwidth unlimited setiap bulannya dan yang paling penting tanpa iklan. Biasanya hosting gratis menempelkan iklan di halaman web kita. Bukan bermaksud promosi, walaupun ini merupakan hosting gratis, layanan supportnya cepat dan ramah.

Website (cost : Rp 0)
Untuk website bisa menggunakan website gratis seperti :

Blogging
o WordPress

E-commerce
o WordPress dengan plugin e-commerce (banyak sekali pluginnya)
o OpenCart
o Magento
o OSCommerce

Forum
o phpBB
o vBulletin

Masih banyak lainnya di internet yang gratisan dan open source. Bila proses instalasi terasa sulit, biasanya hosting provider menyediakan fasilitas installer otomatis yang tinggal klik sana sini saja dan beres hehe

clip_image002

Website Design (cost : Rp 0 – Jutaan)
Desain website bisa gratis kalau kita menggunakan desain bawaan atau desain (themes) gratis dari masing-masing aplikasi website. Kalau punya kemampuan desain sendiri, juga bisa gratis. Untuk contoh ini, saya kebetulan bisa desain website, jadi saya tidak mengeluarkan biaya lagi. Jasa desain website biasanya berkisar antara Rp 500.000 sampai Rp 10jutaan, ini pengalaman pribadi saya selama ini😀

Kualitas desain dan layout biasa yang membedakan harga desain website, apalagi kalau desainnya eksklusif J

clip_image004

Email 10 GB, Google Drive (Google Docs), Chat, Calendar (cost : Rp 0)
Kalau menggunakan hosting berbayar atau gratis, kita hanya mendapatkan fasilitas email terbatas. Bahkan hanya email saja, tidak ada fasilitas lain. Mungkin ada yang sudah tahu Google App for Business, layanan Google untuk para pebisnis online. Selengkapnya bisa dibaca di http://www.google.com/enterprise/apps/business/index.html

Kalau lihat namanya “for Business” seperti membutuhkan biaya yang mahal, ternyata Google App for Business juga ada yang gratis dengan batasan 10 users.

Dengan menggunakan Google Apps for Business, kita bisa menggunakan hampir semua Google Services tapi menggunakan domain-name kita sendiri.

Misalnya saya menggunakan email hello@kamuplus.com untuk segala aktifitas website.

Kita hanya harus melakukan proses pendaftaran di halaman Google Apps for Business dan ikutin semua prosesnya hingga selesai. Bila proses pendaftaran sudah selesai, kita bisa menggunakan semua Google Services dengan domain kita sendiri. Jadi kelihatan professional dan meyakinkan.

Untuk akses ke email kita hanya perlu login seperti user Gmail biasa, tetapi memasukkan alamat email kita sendiri, misalnya hello@kamuplus.com.

  • Bila membutuhkan aplikasi Office seperti Word, Excel, Powerpoint, gambar, foto, dsb bisa menggunakan Google Drive dan bisa langsung kita sharing ke semua orang langsung dari PC atau gadget.
  • Butuh online chat untuk customer service bisnis Anda ? bisa pakai Google Talk dengan akun anda sendiri dan domain anda sendiri. Bila membutuhkan tempat penyimpanan, Google Drive menyediakan secara gratis sebesar 5GB.
  • Ingin membuat form survey atau form pesanan untuk reseller ? Google Docs menyediakan Form yang bisa secara otomatis menjadi Excel.

Satu yang tidak bisa adalah Google+, karena Google+ harus menggunakan email dari Gmail (@gmail.com). Semua “karyawan” Anda bisa didaftarkan dengan alamat email domain sendiri dan menggunakan semua fasilitas dari Google, jadi bisa lebih produktif dan tidak terhalang jarak J

Contohnya, saya menggunakan Google Spreadsheet untuk update stok jualan saya dan saya share secara terbatas ke semua reseller saya. Jadi semua yang mendapatkan akses bisa melihat stok barang yang ada di gudang. Bahkan saya menggunakan Google Docs untuk membuat proposal kerjasama dan terkadang istri membantu untuk revisi dokumennya dari rumah dan secara realtime bersamaan dan tanpa harus menyimpan copy di PC J

Semuanya ada di Cloud

clip_image006

Total untuk membangun website dan email sendiri untuk bisnis dan lainnya :

– Domain : Rp 79.000
– Website : Rp 0
– Desain : Rp 0
– Hosting : Rp 0
– Email 10 GB : Rp 0
– Online Chat (Google Talk dengan domain sendiri) : Rp 0
– Google Drive 5GB : Rp 0
– Spreadsheet (Excel) : Rp 0
– Documents (Word) : Rp 0
– Presentation (PowerPoint) : Rp 0
– Drawing (mirip Paint) : Rp 0
– Form (membuat Form) : Rp 0
Total  : Rp 79.000 / Tahun

Semua biaya diatas bisa GRATIS bila kita menggunakan domain .id J