Tag

, , , , , , , , , , ,


WARNING
Tutorial ini membutuhkan keberanian dan mempunyai resiko yang tinggi. Resiko yang paling buruk adalah Galaxy Tab Anda akan menjadi “bricked” alias menjadi “batu bata” yang tidak akan bisa digunakan kembali.

Tutorial ini disadur dari berbagai sumber dan telah dicoba oleh penulis. Penulis tidak bertanggung jawab atas segala kerusakan dan kerugian yang terjadi pada Samsung Galaxy Tab Anda.

Tulisan ini adalah sambungan dari tulisan

Okay, pada tulisan ini saya akan membahas bagaimana upgrade Samsung Galaxy Tab P1000 ke Android Ice Cream Sandwich (ICS) atau Android 4.0.

Ice Cream Sandwich atau ICS sebenarnya tidak akan “datang” untuk Samsung Galaxy Tab P1000. Jadi lupakan saja menunggu update resmi dari Samsung untuk Galaxy Tab P1000, kalau pun ada (katanya) hanya ICS-look alias tampilan seperti ICS tapi masih Gingerbread. Namanya value pack, entah kapan keluarnya.

Mungkin bakal banyak yang tanya, kok Galaxy Tab P1000 gak dapet update ICS sih ? khan spesifikasinya memungkinkan untuk ICS!

Mau tahu alasannya ? Samsung Galaxy Tab P1000 tidak kuat pakai ICS resmi Samsung! Ah, pasti banyak yang bilang “masa sih? bohong nih”.

Begini, semua firmware resmi dari Samsung selalu menggunakan framework dari samsung dan memakai Launcher TouchWiz. Samsung Galaxy Tab P1000 mempunyai RAM 512 MByte. Minimum Requirement Android Ice Cream Sandwich adalah RAM 512 MB. So, kok gak kuat ?? Biang keroknya adalah Framework Samsung dan TouchWiz Launcher ! TouchWiz itu membutuhkan RAM yang besar.

Jadi, ICS + TouchWiz = IMPOSSIBLE untuk P1000

Solusinya gimana donk ? ya install ICS yang masih asli alias Vanilla donk. Android Ice Cream Sandwich rasa asli Google, tanpa ada tambahan macam-macam. Namanya AOSP alias Android Open Source Project. Google menyediakan source code AOSP gratis dan bebas untuk di modifikasi untuk semua handset atau gadget karena memang pada awalnya Android itu dibawah konsorsium OHA (Open Handset Alliance) yang bertujuan membuat Operating System yang bisa dipakai di (hampir) semua device/handset.

Jadinya tulisan ini bukan bahas cara Install ICS resmi Samsung dong ?

Kalau masih mau menunggu Samsung keluarkan update ICS untuk P1000, tutup browser Anda dan segera pergi ke Mall terdekat dan beli gadget Samsung yang lain yang dapat update ICS resmi. Misal, Samsung Galaxy SII (I9100), Samsung Galaxy Note. Atau bisa juga langsung beli gadget Samsung yang sudah ICS + TouchWiz.

Udah ah basa basinya, langsung aja ke tutorialnya. Kita akan menggunakan Custom ROM dari CyanogenMod. Salah satu Custom ROM yang menggunakan AOSP dan bisa digunakan di banyak device.

CyanogenMod 9 adalah Custom ROM berbasis AOSP Android 4.0 atau ICS.

Saat ini Samsung Galaxy Tab P1000 belum didukung oleh CyanogenMod 9, yang ada hanya versi Nightly atau versi ROM yang (hampir) tiap malam di-build/compile setiap ada perbaikan. (update) P1000 sudah resmi didukung oleh CyanogenMod dan sudah ada versi Release Candidate (RC)

Di CyanogenMod ada 3 macam :

  1. Stable, ini adalah ROM CyanogenMod yang sudah tidak ada bug atau sudah dinyatakan stabil. Saat ini yang stabil hanya baru CyanogenMod 7 (Gingerbread)
  2. Release Candidate, ROM CyanogenMod yang hampir jadi tapi masih ada bugs.
  3. Nightly Build, ROM CyanogenMod eksperimental. Masih kasar dan banyak bugs. Disarankan tidak digunakan untuk sehari-hari karena belum stabil. Kita pakai yang ini.

Lho, kok pake Nightly Build ? ntr banyak bugs nya dong ?? ya biar aja. namanya juga mencoba. Trus kenapa masih banyak bug kok sudah bisa di download ? Kalau kata bapaknya Linux si Linux Torvald, “release earlier, release often”. Artinya cari sendiri di Google.

Syarat untuk upgrade ke CyanogenMod 9 :

  • Sudah ada ClockWorkMod Recovery
  • Punya Samsung Galaxy Tab P1000 yang sudah Gingerbread. Kalau bisa Gingerbread resmi atau Stock
  • Berani dan tidak menyalahkan penulis kalau Galaxy Tab P1000 nya menjadi ganjalan pintu paling mahal
  • Punya kesabaran dan mau mencari informasi di Google

Bahan-bahannya :

Cara upgradenya :

WARNING
Pastikan batere P1000 Anda diatas 75% atau kalau bisa penuh. Pastikan juga batere Laptop penuh. Kalau pakai Desktop PC, berdoa semoga PLN gak matiin listriknya.

  1. Backup semua aplikasi dan datanya. bisa menggunakan Titanium backup (aplikasi dan data, harus root) atau bisa menggunakan File Expert (hanya aplikasi) dan simpan hasil backup di komputer
  2. Kalau P1000 Anda masih Froyo, lakukan upgrade seperti di tulisan Upgrading Samsung Galaxy Tab SGT-P1000 – Part 2 (ini untuk amannya). Kalau P1000 Anda sudah Gingerbread, lanjut ke nomor 3.
  3. Nyalakan P1000 menjadi Download Mode, silakan baca tulisan Part 2
  4. Ekstrak ROM Gingerbread Stock dari Overcome, seharusnya didalamnya ada file
    1. GB_Stock_Safe_v5.tar, ini ROM Gingerbread-nya
    2. gt-p1000_mr.pit
    3. Folder isinya Modem, kita akan pakai yang JPZ Modem
  5. Sambungkan P1000 ke komputer dengan kabel USB
  6. Buka ODIN
    1. Masukkan GB_Stock_Safe_v5.tar ke bagian PDA
    2. gt-p1000_mr.pit ke bagian PIT
    3. Pada bagian PHONE, masukkan modem.bin dari folder JPZ Modem
  7. Berdoa sejenak, klik tombol Start pada ODIN.
  8. Tunggu sampai PASS
  9. P1000 akan reboot
  10. Copy file CyanogenMod9 dan Google Apps yang didownload tadi ke SDCARD
  11. Matikan P1000 dan masuk ke Download Mode lagi
  12. Pastikan ODIN mendeteksi P1000-nya
  13. Masukan file kernel Overcome (002001-Overcome_Kernel_v4.0.0.tar, mungkin namanya berbeda) ke bagian PDA di ODIN
  14. Berdoa sejenak kemudian tekan tombol Start
  15. Tunggu sampai PASS
  16. P1000 akan reboot dan akan mengubah format file sistem menjadi EXT4. Ada suara robotnya ketika proses.
  17. Kalau sudah masuk kembali ke Gingerbread. Matikan P1000 dan masuk ke mode Recovery (Tahan tombol POWER dan VOLUME UP)
  18. Selamat, Anda sudah berhasil instal ClockWorkMod
  19. Navigasi menunya menggunakan tombol volume, memilih menggunakan tombol power
  20. Masuk ke Install ZIP from SDCard
  21. Pilih Choose ZIP From SDCard
  22. Pilih file CyanogenMod9 yang didownload tadi (update-cm-9.0.0-2012XXXX-NIGHTLY-p1-signed.zip)
  23. Pilih Yes
  24. Tunggu proses instalasi selesai
  25. Kalau sudah selesai, ulangi proses nomor 20 sampai 24. (ada beberapa kasus harus dua kali flash seperti ini, kalau satu kali sempat kejadian BOOT LOOP. Kalau sudah BOOT LOOP dan tidak bisa masuk Recovery, harus proses Flash ROM dari awal / nomor 1)
  26. Lakukan nomor 20 dan 21
  27. Pilih file Google Apps yang pertama (gapps-ics-20120317-signed.zip)
  28. Pilih Yes
  29. Setelah selesai instalasi. Lakukan nomor 26 dan pilih Google Apps yang paling baru, Bisa dilihat dari nama filenya sesuai tanggal.
  30. Pilih Yes
  31. Kembali ke menu awal ClockWorkMod Recovery
  32. Pilih Wipe Cache Partition kemudian Yes
  33. Kembali dan pilih Wipe Data/Factory Reset kemudian Yes
  34. Kembali ke menu utama, pilih menu Advanced
  35. Pilih Wipe Dalvik Cache kemudian pilih Yes
  36. Kembali ke menu utama dan pilih Reboot to System Now
  37. Selamat menikmati Ice Cream Sandwich – CyanogenMod 9 di Samsung Galaxy Tab P1000

Beberapa Screenshot dari Ice Cream Sandwich di Samsung Galaxy Tab P1000

Screenshot_2012-05-10-16-27-08 Screenshot_2012-05-09-11-11-09 Screenshot_2012-05-09-11-11-25 Screenshot_2012-05-09-11-11-36 Screenshot_2012-05-09-11-11-45 Screenshot_2012-05-09-11-12-00 Screenshot_2012-05-09-11-12-35 Screenshot_2012-05-09-11-12-52 Screenshot_2012-05-09-11-13-06 Screenshot_2012-05-09-11-13-17 Screenshot_2012-05-09-11-13-29 Screenshot_2012-05-09-11-13-42 Screenshot_2012-05-09-11-13-52 Screenshot_2012-05-09-11-14-39 Screenshot_2012-05-09-11-14-55 Screenshot_2012-05-09-11-15-22 Screenshot_2012-05-10-09-38-24

Iklan