Tag

, , , ,


Masih inget sama Dance Dance Revolution Series yang pasti ada di setiap tempat video game seperti Timezone, GameMaster, dsb ? kalo yang belum tau Dance Dance Revolution atau DDR adalah permainan keluaran Konami berjenis Rythm Games. Cara permainannya adalah dengan menginjakan kaki kita ke panel bergambar panah dengan tepat sesuai gambar di layar. Nah, ceritanya begini. Cewek saya tuh lagi gandrung yang namanya game online Audition Ayo Dance, trus saya iseng-iseng cari game sejenis yang bisa dimainin di Ubuntu. Ternyata secara tidak sengaja saya menemukan Stepmania, saya telusuri official sitenya dan saya sempat kaget kalau Stepmania bisa dimainkan di Windows, Mac, dan Linux, bahkan Stepmania juga Opensource !

Semakin semangat saya mengulik-ulik website Stepmania untuk mendapatkan informasi yang saya anggap perlu. Pertama kali saya mengira kalau Stepmania hanya bisa dimainkan dengan keyboard, tetapi Stepmania bisa dimainkan dengan Dancing Pad yang biasa dipakai di Playstation 1/2. Saya langsung download Stepmania versi 4 CVS dan langsung saya install di laptop Ubuntu. Saya jalankan Stepmania dan ternyata hampir sama dengan DDR yang selama ini ada di Timezone atau Playstation. Selama ini saya belum pernah mendapatkan game Dance untuk PC, paling kalau mau main game Playstation 1 saya menggunakan Emulator di Windows. Selanjutnya saya install Stepmania di PC Windows di kamar saya, tidak ada perbedaan mencolok antara versi Linux dan Windows.

Setelah beberapa hari saya memainkan Stepmania dengan keyboard, saya mulai merasa bosan. Akhirnya saya memutuskan untuk membeli karpet Dance untuk Playstation dan membeli converter Playstation ke USB (USB Adapter). Sesampainya dirumah saya pasang karpet dance ke USB Adapter langsung ke post USB yang ada di laptop, saat itu saya sedang menggunakan Ubuntu, dan saya jalankan Stepmania tetapi tombol-tombol yang ada di karpet dance tidak ada respon sama sekali di Stepmania walaupun karpet dance tersebut telah dikenali oleh Ubuntu. Saya coba pasang di PC yang terpasang Windows XP Professional, karpet dance langsung terdeteksi oleh Windows dan hanya tombol start dan select yang bisa, sisanya gak bisa.

FYI, hardware yang digunakan :

  • Topway Dance Pad
  • USB Adapter gak ada merek warna biru ada LEDnya

1 hari utak atik, buka forum, search di google tapi tetep aja gak bisa. Akhirnya ada sedikit pencerahan, ternyata USB adapter saya yang gak kompatibel sama karpet dance nya. Segeralah saya ke BEC buat tuker USB adapter sama merek lain, sayangnya tinggal itu aja yang ada disana, ya sudah mbak-mbaknya cuma bisa tuker dengan merek yang sama. Sama juga bohong donk ! pas ke bawah mau pulang iseng tanya-tanya ke salah satu toko. “Mas, ada PS2 USB Adapter gak ?” , mas-masnya jawab ada dan mereknya pun beda, harganya lebih murah yaitu Rp 50.000, USB adapter yang biru sebelumnya saya beli Rp 65.000. Dengan bimbang saya beli tuh USB adapter lagi, gambling sih tapi mau gimana lagi. Sampe rumah langsung dicoba yang baru (warnanya item) di OS Windows… Damn !! tombol-tombol yang lain tetep gak terdeteksi ! Ya ampun… hilang deh Rp 50.000… Iseng coba USB Adapter yang biru yang baru… Alhamdulillah terdeteksi semua tombol-tombolnya termasuk tombol panah! berarti USB adapter yang sebelumnya cacat produksi.

Setelah semua lancar, langsung tuh jalanin Stepmania di Windows sambil coba main. Ternyata ada masalah lagi, kalau kita menekan arah kanan + kiri atau atas + bawah secara bersama-sama yang tertekan cuma salah satunya aja… wah kalau begini sama juga bohong donk. Searching lagi di internet, masalahnya ternyata ada pada tombol arah (D-Pad) di karpet dance. Karpet dance punya saya tombol arah dianggap sebagai sumbu (X atau Y), sehingga kalau kita tekan atas maka Windows menganggap kita menekan sumbu Y, kalau secara logika bagaimana mungkin kita menekan 2 sumbu berlawanan (Y+ vs Y-), jadi NOL dong. Di forum Stepmania, saya mendapat sedikit solusi yaitu “membohongi” Windows dengan menganggap arah yang kita tekan itu tombol bukan sumbu, caranya dengan menggunakan HOTKEYS di Windows. Kebetulan di forum tersebut ada salah satu user yang membuat aplikasi kecil yang bisa memanfaatkan HOTKEYS tersebut.

So, tiap pagi bisa ajojing di kamar tanpa perlu malu. Abisnya Playstation 2 saya ada diruang tamu hehehe..

Alamat yang mungkin berguna :

Happy, ajojing hehe

Edit :
kalau mau create lagu sendir tapi susah bikin arah panah2nya, mending buka situs ini http://monket.net/dancing-monkeys-v2/Main_Page, disitu ada program kecil yang bisa generate step files dari lagu2 yang kita punya