Tag

, , , ,


Saya pernah punya account hosting berbayar sewaktu SMU dulu, tujuannya waktu itu lagi-lagi cuma biar disangka “melek internet” diantara temen-temen. Waktu itu saya hosting di PT MWN sepaket dengan domainnya. Hosting tersebut saya gunakan untuk menampilkan website pribadi yang isinya cuma foto dan biodata, belum terpikir untuk digunakan sebagai blog apalagi menggunakan bahasa pemrograman yang njlimet, cukup HTML saja. Setelah hampir 2 tahun (selama SMU) website saya rasa tidak berguna sehingga setelah habis masa berlakunya tidak saya perpanjang. Ketika masuk kuliah di Jurusan Teknik Informatika Sekolah Tinggi Teknologi Telkom saya juga pernah punya hosting berbayar walaupun berdua dengan teman, lagi-lagi saya merasa belum ada gunanya mempunyai website sendiri.

Nah, ketika saya butuh untuk melakukan live test tugas akhir saya yang berjudul “Analisis dan Implementasi AJAX Menggunakan Framework Dojo Toolkit” saya sempat kebingungan untuk mencari hosting karena saya tidak akan menggunakannya terlalu lama, paling lama 1 bulan. Akhirnya saya menggunakan jasa Google untuk mencari hosting gratis yang mendukung PHP 5.x.x, MySQL versi 3 atau yang lebih baru, dan yang terpenting bebas iklan atau banner. Setelah sekitar satu hari mencoba banyak sekali jasa hosting gratis saya menemukan 2 penyedia jasa tersebut yaitu :

  1. Awardspace
  2. 000webhost

Saya telah mencoba dua-duanya dan saya lebih memilih pilihan kedua karena pada awardspace hanya menyediakan storage sebesar 200MBytes sedangkan 000webhost menyediakan 250MBytes dan CPanel yang lebih manusiawi karena benar-benar bebas banner. Bahkan akses FTP menggunakan Filezilla lebih stabil dibandingkan dengan Awardspace.

Berikut saya tampilkan versi PHP yang digunakan pada 000webhost.

Semoga informasi ini bermanfaat. Sekian.