Tag

, , , , , , , , , ,


WARNING
Tutorial ini membutuhkan keberanian dan mempunyai resiko yang tinggi. Resiko yang paling buruk adalah Galaxy Tab Anda akan menjadi “bricked” alias menjadi “batu bata” yang tidak akan bisa digunakan kembali.

Tutorial ini disadur dari berbagai sumber dan telah dicoba oleh penulis. Penulis tidak bertanggung jawab atas segala kerusakan dan kerugian yang terjadi pada Samsung Galaxy Tab Anda.

Samsung Galaxy Tab SGT-P1000 yang saya pakai ini adalah generasi pertama komputer tablet dari Samsung. Sebelum saya pakai, Galaxy Tab ini dipakai oleh mantan pacar saya (yang sekarang sudah menjadi istri). Sebelumnya saya memakai Samsung Galaxy Spica GT-I5700 selama hampir 1 tahun.

Sejak pertama kali istri saya pakai Galaxy Tab, Android yang sudah terinstal dari Samsung adalah Android Froyo versi 2.2.1. Sejatinya Samsung hanya memberikan update Galaxy Tab P1000 sampai Android Gingerbread (2.3.x). Firmware resmi untuk Indonesia hanya sampai Android 2.3.3, di beberapa region sudah ada yang sampai Android 2.3.7. Sedangkan saat ini lagi hype Android Ice Cream Sandwich (versi 4.x) yang katanya paling canggih, paling aman, dan paling berat. Untuk handset dengan RAM dibawah 1GB haha

Okay, let’s get started!

Bahan-bahan dasar yang diperlukan untuk upgrade :

  1. Odin, aplikasi milik Samsung yang bocor ke publik. Gunanya untuk melakukan Flashing firmware pada handset Samsung
  2. Samsung USB Driver, kalau sudah ada KIES terbaru tidak perlu instal Samsung USB Driver
  3. Kabel data USB untuk Samsung Galaxy Tab P1000, pastikan kabelnya dalam kondisi baik
  4. PC atau Laptop, Saya menyarankan menggunakan Laptop dengan sisa batere yang banyak supaya mencegah terjadinya mati listrik.
  5. Samsung Galaxy Tab SGT-P1000 (GSM), kalau ini jelas dibutuhkan donk.

Setelah semua bahan-bahan dasar diatas sudah didapatkan, mari kita persiapkan bahan-bahan spesial untuk upgrade.

Proses upgrade akan saya buat menjadi dua tulisan dibawah ini agar lebih teroganisir tulisannya :

