Tag

, , , , ,


Ceritanya begini, gw ada Microsoft Windows 7 Ultimate non-bajakan. Trus gw coba install di PC Desktop. Nah, karena kerjaan gw butuh yang namanya Oracle Client, gw install Oracle Client 10gR2 (10.2.0.1) di Windows 7 Ultimate. Instalasi berhasil, set up environment variable sukses. Pas masuk command line, ketik “sqlplus” keluarlah pesan error SP2-1503 Unable to initialize Oracle Call Interface. Waduh bagaimana ini, padahal butuh banget Oracle Client untuk konek ke Database Server. Hmm.. langsung konsultasi sama DBA, dia juga belum pernah nemuin kayak gitu.

Alhamdulillah muncul pencerahan..

Begini solusinya… setelah browse Google, Bing, etc sampe belasan halaman. trus baca dokumentasinya Windows 7. Dari Help and Support Windows 7. Ternyata, aplikasi yang bisa diinstal di Windows 7 box idealnya harus "certified" untuk Windows 7. Sedangkan Orace Client 10gR2 (10.2.0.1) itu belum certified di Windows 7 karena belum menerapkan yang namanya "User Account Control". Jadi, walaupun user di PC Windows 7 udah "Administrator", sama Oracle Client dianggap bukan administrator. Hasilnya adalah, error code "SP2-1503 Unable to initialize Oracle call interface". OCI gak bisa di load oleh OS karena masalah credential.

Trus, ORACLE_HOME (direktori intalasi oracle) harus di set ke 755 rekursive. untuk user yang akan pakai. Dari sisi sekuriti gak tau deh tuh aman apa gak, tapi kata security sini (satpam) sih gpp :) :)

Kemarin akhirnya UAC untuk user gw turunin (di start menu ketik "UAC", nanti muncul control panel UAC) jadi yang paling bawah. Resikonya adalah, kalau ada aplikasi yang bisa ubah2 system setting, gw gak dapet notifikasinya.

Sebenernya, Oracle Clientnya bisa dipatch ke 10.2.0.3 keatas biar bisa support UAC di Windows 7 (kernel NT 6.1), downloadnya di Metalink Oracle. Tapi yang bisa download cuma member corporate, CMIIW. atau upgrade ke Oracle 11g release apapun.

FYI : Gw pake Windows 7 Ultimate asli, tapi ada temen yang pakai Windows 7 RC install Oracle Client 10gR2 lancar. Analisa gw sih, cara instalnya dan set usernya beda. Karena user gw ini join ke domain kantor, sedangkan temen gw yang satunya usernya create sendiri di PC (lokal).

